Tips Cara Jualan Di Facebook Anti Boncos

Tips cara iklan di facebook anti boncos

Tips Cara Jualan Di Facebook Anti Boncos. Banyak orang mengatakan bahwa Boncos itu adalah RUGI. Akan tetapi bagi seorang petarung handal mereka punya mindset lain, yang artinya Boncos sejatinya adalah pembelajaran untuk menemukan Winning Campign.

Boncos adalah istilah yang biasa digunakan dalam Facebook Ads yang berarti biaya iklan lebih besar dibandingkan profit penjualan produk (rugi).

Tapi sebetulnya sebelum mengatakan ini boncos, harus dilihat dulu bahwa iklan sudah jalan berapa lama dan habis budget berapa?

Jadi, standar mengatakan iklan itu boncos atau belum tergantung modal yang disediakan dan keberanian si pemasang iklan memprediksi iklan akan profit dalam jangka panjang.

Kenapa iklan FB Ads bisa boncos (total biaya iklan lebih mahal dibandingkan total profit penjualan)?

Salah satu penyebab biaya iklan mahal adalah karena orang-orang yang melihat iklan kita tidak merespon sesuai dengan keinginan kita.

Begitulah sistem FB Ads membuat kita sudah jatuh tertimpa tangga, sudah sedikit orang yang merespon malah biaya iklannya di buat mahal.

Banyak orang telah berusaha untuk mencari tahu bagaimana cara jualan di facebook anti boncos dan telah frustasi dengan tools FB yang tidak berjalan baik saat digunakan untuk posting massal ke grup orang lain, inbox massal orang asing, dan sebagainya.

Facebook selalu memperbarui sistem agar tidak ada pihak yang menyalahgunakan fitur yang mereka miliki.

Jadi hal yang wajar jika tools pihak ketiga juga terus dibuat repot karena harus terus-menerus mengikuti pembaruan FB yang makin ketat.

Tips cara jualan di facebook anti boncos

Sikap kita sebagai marketer yang memang memanfaatkan FB untuk promosi adalah:

1) Mencoba memahami cara kerja setiap fitur yang dibuat oleh Facebook

2) Mencari tahu apa yang boleh dan apa yang tidak diizinkan oleh Facebook

3) Menyusun strategi marketing yang aman dan cocok dengan sistem Facebook

4) Mencari tools yang memang fungsinya bisa membantu kinerja kita dalam menjalankan strategi yang sudah dibuat

5) Fokus ke kualitas materi atau konten promosi, bukan kuantitas iklan yang kita tayangkan

6) Selalu upgrade ilmu marketing agar promosi semakin berkelas dan elegan

7) Tes dan ukur untuk fokus memilih cara promosi terbaik yang memberikan dampak besar

Faktanya hasil yang didapatkan dari nyepam ke grup orang lain, inbox massal orang asing, tag massal nama orang di komentar, posting wall teman, dll itu tidak lebih baik dibandingkan membangun branding, menciptakan konten edukasi, menarik leads dengan produk sample dan sebagainya.

Jadi jika kita memilih jalan nyepam, mengganggu privasi, menyepelekan kualitas konten maka kita sedang mencari hasil kecil tapi dengan resiko besar rasanya itu sangat tidak bijaksana.

Kehilangan waktu dan kesempatan adalah sebuah kerugian yang lebih besar.

Kalau keduanya butuh waktu, butuh proses, belajar, trial and error, kenapa tidak memilih yang lebih baik.

Pilihlah sesuatu yang potensi jangka panjangnya juga besar dan baik serta tidak melanggar aturan atau merugikan pihak lain.

Jika ada orang yang bertanya sehari maksimal add friend berapa itu pasti orang yang:

1) Orang yang super sibuk dan tidak mau buang waktu

2) Orang yang benci proses dan maunya hasil yang instan

3) Orang yang asal bertanya dan iseng saja

Kalau Anda termasuk yang nomer 1, ada saran buat Anda:

Buatlah akun facebook yang banyak. Misal 10 akun lalu setiap hari masing-masing akun cukup add 200 orang saja. Artinya dalam 1 bulan masing-masing akun sudah add 6.000.

Dengan cara ini maka kurang dari 2 bulan Anda akan menyelesaikan pembuatan 10 akun fb dengan friendlist yang full. Artinya Anda memiliki audience target market sebanyak 50.000

Jadi mindsetnya harus tepat bahwa tools hanya alat bantu. Penggunaannya yang dipadukan dengan strategi yang bagus akan memberikan hasil yang juga lebih bagus.

Agar Anda lebih mudah profit saat beriklan di FB Ads alias tidak boncos, buatlah iklan yang mengacu pada hal-hal berikut ini:

1] Gambar yang Menarik

Anda bisa membuat banner (gambar) yang unik atau bahkan nyeleneh tapi tetep nyambung dengan produk yang Anda jual.

Ini tujuannya untuk menarik perhatian orang lain sehingga ketika mereka sedang scrolling, perhatiannya bisa terfokus kepada iklan Anda.

2] Copywriting yang Ngena

Teks iklan Anda harus bisa bikin penasaran dan mampu menjelaskan bahwa Anda sedang berjualan produk keren yang cocok dengan mereka.

Kita pancing mereka untuk melakukan respon yang kita inginkan misalnya klik dan melihat website penjualan Anda.

3] Penargetan yang Pas

Agar orang tertarik melihat konten iklan dan peluang melakukan pembeliannya besar maka orang-orang yang Anda target haruslah pas atau sesuai target.

4] Buat Iklan Lebih dari Satu

Meskipun produk yang dipasarkan cuma satu dan orang yang ditarget juga cuma satu kelompok tapi Anda bisa membuat Ads atau iklan lebih dari satu.

Anda bisa membuat iklan pertama dari angle promosi 1 lalu iklan kedua dari angle promosi kedua dan seterusnya.

Jadi ketika orang gak tertarik dengan iklan ke satu bisa jadi dia terterik dengan iklan kedua Anda dan seterusnya.

5] Retargeting

Buat iklan khusus yang menjangkau ulang mereka yang sudah merespon iklan sebelumnya. Ini disebut iklan retargeting.

Iklan retargeting ini sangat penting karena umumnya orang tidak langsung beli saat pertama kali melihat halaman penjualan kita.

Mereka harus difollowup atau diingatkan. Biaya iklan retargeting relatif lebih murah dan sangat efektif.

6] List Building untuk mengarahkan iklan untuk mengumpulkan alamat email

Anda pasti pernah melihat orang yang kerjaannya dimana-mana promosi secara langsung atau kata kerenya promosi dengan cara membabi buta.

Cara seperti itu memang bisa menghasilkan penjualan tapi dibandingkan usaha dan waktu yang dikeluarkan sama sekali tidak efektif.

Belum lagi ada nama baik diri sendiri atau produk yang sedang dipertaruhkan. Produk yang bagus jika dipromosikan dengan cara spam mengganggu orang lain maka imagenya bisa hancur.

Grup FB adalah salah satu tempat yang potensial untuk mencari calon buyer.

Cara lain yang terbukti ampuh menjaring calon pembeli dan menghasilkan penjualan.

1. Join Grup Tertarget, Banyak Membernya dan perhatikan keaktifan groupnya.

Caranya lihat kapan posting terbaru di grup tersebut, dan seberapa banyak komentar dari anggota grupnya. Kalau interaksinya minim mendingan jangan join kecuali itu grup berbayar atau grup support penjualan produk tertentu.

2. Rajin Komen yang Bikin Penasaran

Bikin komen yang powerful di postingan orang lain. Komen harus nyambung dengan postingan, gak terkesan promosi, aman dari lirikan admin grup, tapi bikin penasaran yang lihat.

Tujuannya agar orang menghubungi kita atau minimal klik link profil fb kita.

Kalau profil sudah dioptimasi misal menyertakan no kontak di bagian intro, postingannya terpola, profilnya profesional, ada info mengenai produk yang kita jual atau minimal link menuju kolam list, maka mereka yang tertarik akan add friend akun kita, masuk list prospek atau leads dan bahkan langsung kebelet order.

3. Berbagi Manfaat

Meskipun grupnya membolehkan member untuk posting kalau bukan grup khusus jual beli maka jangan langsung promosi, lebih baik berbagi informasi yang bermanfaat.

Seberapa ampuh strategi ini, tergantung kualitas informasi yang Anda bagikan. Jadi meskipun ini Anda bagikan gratis tapi harus dijaga kualitasnya. Sertakan data, tambahkan ulasan atau tips trik berdasarkan pengalaman dan studi kasus.

Sesekali informasi yang Anda bagikan jangan dibuat tuntas sekaligus agar untuk mendapatkan detilnya mereka masuk list Anda, bisa langsung sertakan link untuk masuk list Anda atau lebih halus lagi mintalah mereka inbox Anda, nanti di chat inbox tersebut barulah arahkan ke link list Anda.

4. Caper Kepada Orang yang Aktif

Di sebuah grup yang hidup pasti ada orang yang memang aktif baik posting maupun komentar, nah Anda bisa mencuri perhatiannya dengan cara add friend, like atau love postingan dan
komennya.

Tujuannya agar orang tersebut membuka profil FB Anda. Nah pastikan profil FB Anda sudah dioptimasi jadi sama halnya Anda memancing orang untuk bertamu ke rumah Anda, setelah berhasil mendatangkan mereka tentu Anda harus memaksimalkan kunjungan tersebut.

5. Kerjasama dengan Pemilik Grup

Jika grupnya betul-betul berkualitas, Anda bisa kenalan dengan adminnya dan ajukan kerjasama yang saling menguntungkan.

Contohnya, Anda merkomendasikan link grupnya agar teman-teman Anda lebih banyak yang join, lalu imbalannya Anda boleh posting promosi di grup tersebut. Atau kerjasama lain yang lebih kreatif dan saling menguntungkan.

Facebook menyediakan fanpage dan iklan berbayar untuk kita yang ingin mempromosikan jasa atau produk tertentu.

Sedangkan facebook personal dibuat hanya untuk berinteraksi dengan teman dan keluarga atau bersenang-senang sesama pengguna Facebook lainnya.

Nah seringkali orang yang memanfaatkan FB personal untuk mendatangkan traffic gratisan ini berusaha menjangkau sebanyak-banyaknya orang dengan cara yang tidak dibenarkan oleh FB misalnya inbox massal.

Oleh sebab itu tidak heran kalau dari waktu ke waktu FB mengupdate sistemnya agar tidak disalahgunakan.

Misalnya dengan memasukan pesan inbox yang kita kirim ke orang yang belum berteman ke folder filter, memunculkan notifikasi tidak bisa mengirim link, lalu memunculkan kode captca dan sebagainya.

Jadi lebih baik berfikir ke arah bagaimana cara promosi yang elegan tidak mengganggu dan disukai orang.